Langsung ke konten utama

Pengamatan Jaringan Hewan

PRE-LAB

1.      Sebutkan dan jelaskan minimal 3 perbedaan sel tanaman dan sel hewan!
Perbedaan sel tanaman dan juga sel hewan adalah sebagai berikut :
1.      Dinding sel pada tanaman bagian luarnya merupakan selulosa ataupun pektin, hemiselulosa dan protein dimana pada hewan tidak memilikinya (Harris, 2013).
2.      Sel tanaman memiliki kloroplas yaitu organel yang mengandung klorofil untuk fotosintesis, sedangkan sel hewan tidak memiliki kloroplas (Jamilah, 2012).
3.      Sel tanaman memiliki kromoplas yaitu plastid yang mengandung karoten warna kuning, jingga, dan merah yang dimiliki oleh sel tanaman sedangkan sel hewan tidak memilikinya (Harris, 2013).
4.      Sel hewan memiliki sentriol dimana sentriol berbentuk sepasang silinder yang engatur polaritas pembelahan sel hewan (Waluyo, 2008).



2.      Sebutkan dan jelaskan minimal 3 jenis jaringan pada hewan!

Pada sel hewan ada beberapa jaringan, diantaranya ialah Jaringan epitel, jaringan epitel merupakan jaringan penutup permukaan dalam dan luar serta menjadi sekat antar organ. Jaringan ikat, adalah jaringan menghubungkan dan mendukung jaringan lainnya serta mempertahankan bentuk tubuh. Jaringan otot, jaringan yang bias rileks dan kontraksi sehingga dapat menggerakkan anggota tubuh. jaringan darah / limfa, jaringan ikat yang terdiri dari sel darah merah, sel darah putih, dan juga keping darah. Secara umum sel-sel darah dibentuk dalam kelenjar limfa (Solitzky, 2010).

3.      Berilahtanda (v) untuksetiapkomponen yang dimilikiolehselhewan

Komponen
SelHewan
Dindingsel
-
Plasma membran
V
Nukleus
V
Nukleolus
V
Ribosom
V
Endoplasmic retikulum
V
Aparatusgolgi
V
Lisosom
V
Mitokondria
V
kloroplas
-
Peroxisomes
V
Sistokeleton
V
sentriol
V
(Jamilah, 2012).

DaftarPustaka


Aronoff, Mark. 2011. What is Morphology? The Second Edition. New York City:     wertyWiley
Harris, R.J.C. 2013. Cell Growth and Cell Division. New York City: Academic Press
Jamilah. 2012. Penuntun Praktikum Biologi Sel. Makasar : UIN Alaudin
Solitzky, Othmar C. 2010. Neurosicence Research. New York City: Academic Press
Waluyo, Joko. 2010. Biologi Umum. Jember : UNEJ
Weberling, F. 2012. Morphology of Flower and Inflorescene. London: Cambridge Press
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Respirasi dan Fotosintesis

         buat nanti yang masuk tahun 2017 di FTP UB, kalau ngisi dafpus, rekayasa aja daftar pustaka nya, kan minimal buku/jurnal 10 tahun terakhir, jadi misalnya buku "Anatomi Tumbuhan"oleh Sri Rofiah keluaran tahun 2004 di jogja, ganti aja tahunnya jadi 2007, jadi  " Rofiah, Sri. 2007.  Anatomi Tumbuhan . Yogyakarta: Kanisius". soalnya ribet sumpah kalau udah banyak aktivitas di kampus terus mau stay true to the source, saran aja sih, kalau gamau juuga gak kenapa napa. PRE-LAB 1.       Apa yang dimaksud respirasi dan fotosintesis ? Jelaskan !             Respirasi pada tumbuhan itu berbeda dari manusia. Mereka melakukan respirasi pada bagian daunnya yang dikenal dengan nama stomata atau mulut daun. Melaui stomata, tumbuhan menyerap oksigen atau . Tumbuhan bisa melakukan dua jenis respirasi sekaligus yakni aerob dan anaerob. Pada respirasi aerob, terj

Kalibrasi Mikrometer

PRE-LAB 1.       Apa yang dimaksud dengan mikrometer? Jelaskan pula perananya dalam pengamatan obyek mikroskopis!           Pengertian mikrometer  adalah kaca berskala, yang mana pada penggunaannya , mikrometer dibedakan lagi menjadi 2 jenis, yaitu mikrometer okuler dan juga mikrometer objektif. Mikro m eter digunakan untuk pengukuran yang lebih teliti dan memerlukan alat bantu pengukuran. Obyek atau target biologi yang diamati dengan menggunakan mikroskop mempunyai ukuran dan dimensi mikron, untuk pengukurannya maka digunakannlah mikrometer sebagai media pembantu mengukurnya /pengamatnya (Purwanto, 2006). 2.       Apa beda mikrometer obyektif dan mikrometer okuler? Jelaskan!           Mikrometer objektif berbentuk slide yang ditempatkan pada meja preparat mikroskop, sedangkan Mikrometer okuler dipasang pada lensa okuler mikroskop. Pada prinsipnya pada skala objektif adalah skala yang terdiri dari 1-100 dimana jarak antar garis m

Keanekaragaman Hayati

PRE-LAB 1.     Mengapa keanekaragaman hayati dalam biosfer perlu dipelajari ?             Alasannya ialah dalam dunia yang kita tempati hidup ini tidak terdapat 2 jenis induvidu yang benar benar identic , Setiap individu mempunyai ciri-ciri khusus . Perbedaan ini menunjukkan adanya biodiversitas atau keanekaragaman makhluk hidup di bumi. Keanekaragaman Hayati adalah hasil dari keseragaman dan keberagaman sifat/ciri makhluk hidu p dan di dalam satu jenis makhluk hidup juga dijumpai adanya perbedaan/keberagaman perbedaan sifat dalam satu jenis ini disebut sebagai variasi. Kekhasan dan tingginya tingkat keanekaragaman hayati ini sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup umat manusia. Namun karena perkembangan teknologi dan taraf hidup maka terciptalah berbagai industri – industri modern yang mengonsumsi spesies tertentu sehingga mengancam keberadaannya yang juga menyebabkan ketidakseimbangan alam karena kehilangan variasi dari keanekaragaman yan